Sabtu, 11 Juli 2020

Skrip Menggertak atau Penganiaya

Jadi, pernahkah Anda mendapati diri Anda merasa seperti teman atau orang yang dicintai menjebak Anda? Pernah merasa seperti Anda akan mendapat masalah tidak peduli respons apa yang Anda

berikan? Pernahkah Anda mendengar kalimat ini, "Apakah gaun ini membuat saya terlihat gemuk?"

Jika Anda menjawab ya, Anda dalam masalah serius!



Bagaimana jika Anda mengatakan tidak? Mungkin Anda jujur ​​... tapi mungkin Anda diatur untuk konflik. Temanmu yang "tidak berlemak" dapat membalas kembali dengan sesuatu seperti ... yah, apakah kau mengatakan gaun yang lain membuatku terlihat gemuk?

Ini tidak ada untungnya bagi Anda bukan?

Bagaimana dengan yang ini: "Ini salahmu, aku lebih dari menggambar rekening cek! Kamu bilang aku bisa membeli apa yang aku inginkan."

Bahasa yang kami gunakan didasarkan pada kepribadian kami. Ini adalah contoh orang yang menggunakan skrip Bully. Itu juga disebut penganiaya atau pelaku. Ini adalah salah satu dari tiga

skrip di Segitiga Drama atau Segitiga Korban. The Drama Triangle adalah konsep yang dikemukakan oleh Dr. Stephen Carpman. Dia melihat konflik kepribadian melalui segitiga dengan tiga skrip yang

berbeda. Setiap skrip menempatkan tanggung jawab atas perilaku pada orang lain dalam hubungan. Bukan pada orang yang berbicara.

Saya ingat berada di rumah kelompok tempat saya bekerja selama dua tahun sebagai terapis. Saya akan terus-menerus mengawasi anak-anak yang berusaha keluar dari masalah dengan menyalahkan anak-anak lain atau anggota staf atas perlakuan tidak adil yang mereka pikir akan mereka dapatkan.

Itu biasanya terjadi karena sesuatu yang mereka lakukan salah, tetapi mereka dengan panik mengerjakan sebuah cerita yang menempatkan tanggung jawab atas perilaku mereka pada orang lain. Biasanya mereka mencoba menemukan sesuatu yang mereka ingat sebelumnya. Mereka akan

mencoba memutar cerita sehingga mereka menjadi korban dalam situasi itu. Satu hal yang mengejutkan saya adalah bahwa lima belas menit kemudian mereka akan memandangi beberapa anak malang lainnya, dan mengancam hal-hal tak terkatakan yang akan mereka lakukan terhadap mereka.

Kemana korban malang itu pergi? Hanya lima belas menit dan mereka mengancam akan memukuli anak lain. Mereka tidak belajar apa pun dari konsekuensi yang digunakan atau upaya untuk membuat

mereka merasa seperti korban yang kurang. (Dengan asumsi mereka cukup meyakinkan untuk anggota staf yang terlibat dengan mereka.)

Saya diperkenalkan ke Segitiga Korban melalui episode-episode ini. Saya menggunakan konsep ini dalam perawatan setiap hari ... sepanjang hari. Inilah yang akan saya lakukan. Seorang anak remaja

akan mendekati saya, biasanya berteriak tentang apa yang akan mereka lakukan untuk itu dan itu, jika mereka tidak mulai mendapatkan rasa hormat. Biasanya akan ada beberapa remaja miskin lainnya

mundur ke sudut. Saya akan bertanya kepada mereka, "Saya tidak tahu Anda adalah pelaku (atau pengganggu) ... Apakah itu yang Anda katakan kepada saya bahwa Anda ingin saya percaya, atau ada sesuatu yang ingin Anda sampaikan kepada saya? Biasanya itu sudah cukup peringatan tentang

perilaku anak untuk membuat mereka berhenti sejenak dari omelan mereka. Biasanya anak lain (atau anggota staf) bahkan lebih tertarik, karena hanya sedikit orang yang benar-benar berbicara dalam jenis bahasa ini dalam kehidupan sehari-hari mereka. Pikirkan tentang hal ini. Saya tidak mengatakan

mereka adalah pelaku, atau pelaku intimidasi. Mereka mendekati saya dan berkata bahwa mereka akan melakukan sesuatu yang menyakitkan dan mengganggu orang lain. Bahasa mereka sendiri

sudah menunjukkan pilihan yang dimaksudkan melalui ancaman cedera fisik kepada orang lain. Saya hanya menganggap mereka serius ... tapi saya sudah menghabiskan waktu dengan anak yang sama

ketika mereka menggunakan naskah korban. Saya telah berempati dengan mereka ketika mereka percaya bahwa mereka adalah korban. Saya belum tentu mengaktifkan kepercayaan itu. Saya berempati dengan mereka. tetapi saya sudah menghabiskan waktu dengan anak yang sama karena

mereka menggunakan skrip korban. Saya telah berempati dengan mereka ketika mereka percaya bahwa mereka adalah korban. Saya belum tentu mengaktifkan kepercayaan itu. Saya berempati majalahpendidikan.com dengan mereka. tetapi saya sudah menghabiskan waktu dengan anak yang sama karena mereka

menggunakan skrip korban. Saya telah berempati dengan mereka ketika mereka percaya bahwa mereka adalah korban. Saya belum tentu mengaktifkan kepercayaan itu. Saya berempati dengan mereka.

Kadang-kadang saya juga mengecek dengan mereka tentang pemikiran memutar dalam naskah korban juga. Tetapi saya berempati dengan mereka ketika mereka adalah korban. Saya memvalidasi

pilihan sehat mereka, dan menawarkan cara alternatif untuk berpikir untuk situasi masa depan. Anak lain selalu dengan aman keluar dari sudut. Si pelaku intimidasi juga bisa menyelamatkan muka,

karena saya sebenarnya memanggil mereka pelaku intimidasi, yang mereka inginkan untuk dirasakan oleh korban mereka. Tetapi mereka membuat pilihan untuk menjauh dari peran pengganggu dalam

episode tersebut. Ini juga menunjukkan potensi korban yang sebenarnya dalam situasi bagaimana menggunakan bahasa yang semakin meningkat pada saat itu.

Dengan menganggap serius perilaku mengancam dan memberi tahu mereka apa itu, saya memberi mereka kesempatan untuk bertanggung jawab memilih peran mana yang ingin mereka tempati.

Mereka tidak bisa menjadi ketiga hal (Bully, Korban, Penyelamat) dalam hitungan satu jam. Mereka tahu itu tidak konsisten. Selama hubungan dengan anak-anak, saya akan menghabiskan waktu berempati dengan mereka, terlepas dari naskah apa yang mereka gunakan. Mereka selalu

membutuhkan empati, karena mereka berusaha mengubah aspek bagaimana mereka mengatasi orang lain. Saya menantang bagaimana mereka memandang dunia, dan bagaimana mereka percaya orang lain memandang mereka.

Bagian terpenting bagi saya sebagai terapis adalah bahwa anak-anak belajar bahwa saya akan konsisten dan tersedia. Saya tidak akan menolak mereka berdasarkan naskah yang mereka gunakan

saat itu. Bagi seorang penindas untuk mengetahui bahwa seseorang yang dekat dapat memanggil mereka untuk berperilaku, dan tetap bertahan dengan mereka, adalah bagian yang membantu mereka tumbuh.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.